5 Hal Penting tentang Pinjaman Tanpa Agunan yang Perlu Anda Ketahui


Bagi anda yang membutuhkan dana tunai segera dalam jumlah tertentu biasanya akan meminjam pada keluarga, kerabat atau teman. Namun untuk jumlah kebutuhan yang cukup besar, mungkin akan sulit mendapatkan pinjaman pada mereka. Akhirnya meminjam pada bank atau lembaga keuangan lainnya baik online atau offline, menjadi salah satu pilihan yang mudah. Meskipun anda tidak memiliki agunan, tapi terdapat beberapa fasilitas pinjaman tanpa agunan yang ada, misalnya di bank terdapat kredit tanpa agunan. Berikut 5 hal tentang pinjaman tanpa agunan yang harus anda ketahui.

5 Hal Penting tentang Pinjaman Tanpa Agunan yang Perlu Anda Ketahui


1. Tidak Membutuhkan Jaminan

Sesuai dengan namanya, pinjaman ini tidak mewajibkan calon peminjam untuk memberikan jaminan apapun. Pinjaman ini termasuk dalam pinjaman beresiko tinggi akibat tidak adanya agunan atau jaminan atas dana yang di berikan.

2. Bunganya Tergolong Mahal

Karena calon peminjam tidak memberikan agunan, maka membawa konsekuensi harga atau bunga pinjaman menjadi mahal. Biasanya di atas 20% per tahunnya bahkan dapat mencapai 40% per tahun. Sangat jarang pinjaman yang tidak menyertakan jaminan memiliki bunga yang sedikit.

3. Persaratan Apply Mudah

Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman ini tidak sulit bahkan tergolong mudah dibandingkan pinjaman lainnya. Biasanya untuk penyedia jasa pinjaman tanpa jaminan hanya menyertakan syarat domisili, KTP/SIM, dan Slip Gaji saja, sangat mudah bukan. Pemberi pinjaman juga akan memeriksa rekam jejak anda pada perbankan melalui pemeriksaan data pada sistem informasi debitur Bank Indonesia atau istilah lainnya BI Checking.

4. Banyak Biaya Tambahan

Pinjaman ini biasanya memiliki banyak biaya tambahan selain bunganya yang tinggi. Misalnya saja biaya administrasi, biaya provisi, biaya keterlambatan cicilan, biaya pencairan kredit, biaya pelunasan dipercepat, biaya transfer kredit dan biaya tahunan.

5. Proses Pencairan Cepat

Sebagian besar proses pencairan dana untuk pinjaman ini tergolong sangat cepat. Bahkan beberapa jasa penyedia pinjaman ini menjamin proses pinjaman dalam waktu beberapa hari saja. Jika anda dinilai telah memenuhi syarat maka pencairan dana tidak membutuhkan waktu yang lama. Dana biasanya akan di transfer langsung ke rekening nasabah.

Comments

Popular posts from this blog

Ingin Kredit Kenali Jenis Hutang Jangka Panjang

Tips Melunasi Kartu Kredit Yang Sudah Membengkak