Tips Melunasi Kartu Kredit Yang Sudah Membengkak

Tips Melunasi Kartu Kredit Yang Sudah Membengkak

Penggunaan kartu kredit memang memiliki banyak keuntungan. Apalagi di zaman yang serba praktis seperti ini memiliki kartu kredit sangat memudahkan kita dalam bertransaksi. Namun penggunaan kartu kredit juga bisa merugikan anda jika tidak digunakan secara bijak. Salah satu resikonya yaitu membengkaknya hutang terhadap bank. Jika sudah seperti ini tentu anda harus segera melunasi kartu kredit tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda dapat melunasi hutang itu dengan mengikuti tips di bawah ini.

1.  Hentikan Penggunaan Kartu Kredit Sementara


Jika Anda terkena tagihan yang membengkak, lebih baik jika Anda tidak menggunakan kartu kredit Anda untuk sementara waktu. Menghentikan penggunaan kartu kredit akan sangat efektif untuk membantu menyelesaikan hutang yang telah terakumulasi. Tidak menggunakan kartu kredit tidak berarti tagihan Anda bisa berhenti, hanya saja akan memperkecil total tagihan daripada jika Anda terus menggunakan kartu kredit.

2. Membuat Prioritas Utang Mana Yang Dilunasi Dahulu


Tentunya Anda tidak hanya menggunakan kartu kredit untuk satu pembayaran saja? Untuk itu, sebaiknya daftar dulu pengeluaran menggunakan kartu kredit. Anda bisa melunasi tagihan kartu kredit terbesar terlebih dahulu. Hal ini agar tidak menumpuk  terus menerus sehingga malah membuat tagihan akan semakin membengkak. Atau bisa juga melakukan sebaliknya yaitu dengan melunasi kartu kredit dari  tagihan terkecil terlebih dahulu lalu lunasi tunggakan kartu kredit yang lebih besar. Anda bisa memilih mana yang benar dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

3. Menggunakan Aset Atau Tabungan Untuk Membayar

Jika memiliki aset ataupun tabungan, Anda bisa menggunakannya untuk melunasi kartu kredit Anda yang sudah membengkak tagihannya. Meskipun hal ini membuat Anda menjadi tidak mempunyai simpanan, namun anda akan terhindari dari tagihan yang berbunga setiap waktunya.

Seperti yang diketahui sendiri, kartu kredit menggunakan sistem bunga yang akan memberatkan jika tidak segera dilunasi. Anda bisa memulai lagi menabung dan berinvestasi ketika utang-utang sudah lunas.

4. Mencari Tambahan Pemasukan

Anda bisa mencoba untuk mencari tambahan penghasilan yang dapat membantu untuk melunasi semua utang-utang kartu kredit. Dengan penghasilan tambahan yang didapatkan, Anda akan semakin cepat untuk melunasi tagihan kartu kredit. Semakin cepat melunasi kartu kredit maka Anda akan terhindar dari bunga-bunga yang terus menumpuk setiap waktunya.

5. Bernegosiasi Dengan Bank

Bila hutang kartu kredit masih belum lunas juga, Anda bisa mencoba untuk melakukan negosiasi dengan pihak bank tersebut untuk melakukan refinancing hutang kartu kredit Anda. Anda bisa meminta bantuan untuk menghentikan bunga yang terus bertambah sehingga hutang-hutang tidak akan membengkak terus menerus.


Comments

Popular posts from this blog

5 Hal Penting tentang Pinjaman Tanpa Agunan yang Perlu Anda Ketahui

Ingin Kredit Kenali Jenis Hutang Jangka Panjang